Contoh Essay Untuk Mendaftar Beasiswa

    

    Essay ini sebagai salah satu syarat untuk mengikuti Program Beasiswa PT XY 2021. Saya awali dengan perkenalan diri. Fika Andriani Purba, demikian nama yang diberikan orang tua saya 20 tahun silam. Saya anak pertama dari 6 bersaudara. Saya merupakan anak yang lahir di Desa Kenangan,  Kecamatan Galang Kabupaten Deli Serdang, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara. Sekarang saya merupakan mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya. Lahir ditengah keluarga yang sederhana dan keluarga pra sejahtera saya ditempa untuk menjadi individu yang pekerja keras dan bertanggung jawab. Mengambil program studi agroekoteknologi di Universitas Brawijaya merupakan cita-cita saya untuk meningkatkan sektor pertanian Indonesia.  

    Dalam rancangan yang saya lakukan di 2 tahun yang akan mendatang setelah menyelesaikan pendidikan strata satu saya di kampus biru tercinta ini. Saya ingin melanjutkan pendidikan S2 dibidang pertanian. Untuk meningkatkan kualitas diri saya selalu berusaha untuk memahami segala materi perkuliahan yang diberikan yang telah dibarengi dengan praktikum. Tidak hanya itu saya juga sering mengikuti banyak kegiatan diluar kampus misalnya menjadi panitia dan anggota organisasi. Saya pernah mengikuti Volunteer Qur’ban 2018 di Desa Sumber Wangi yang dilaksanakan oleh FORSIKA FP UB, walaupun saya katolik saya tetap mengikutinya untuk menambah teman, relasi dan pengalaman. Saya aktif mengambil peran sebagai panitia paskah menjadi bendahara pelaksana dan anggota bidang konsumsi pada acara natal yang dilaksanakan organisasi katolik di kampus saya. Saya juga sudah mendapat sertifikat pelatihan sebagai “Pembudidaya Tanaman (Agriculture)” pada acara Program Teaching Industry UB Pembelajaran Berorientasi Industri pada tahun 2019.

    Dengan jurusan yang saya tekuni saya ingin menjadi pemimpin yang besar nantinya untuk meningkatkan perekonomian Indonesia. Indonesia memiliki tanah yang subur yang terbentang luas dari Sabang sampai Merauke, namun masih banyak petani Indonesia yang memiliki tingkat ekonomi rendah serta degradasi lahan yang semakin luas. Padahal dengan perkembangan dan kemajuan teknologi Indonesia dapat menyaingi negara maju lainya seperti Jepang, Jerman dan masih banyak lagi karna Indonesia bisa menjadi lumbung pangan dunia jika disertai dengan tindakan nyata dan pengorbanan tanpa pamrih. 

    Agroekoteknologi sendiri mengajarkan hal-hal yang berkaitan dengan tanaman dan proses penanamannya, mempelajari mengenai cara membuat dan menggunakan pupuk yang benar, meneliti apakah medium tanaman baik atau tidak dan jurusan ini merupakan gabungan dari agronomi, dasar ilmu tanah dan ilmu hama-penyakit tanaman yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas tanaman dan membuat pertanian berkelanjutan dengan menggunakan kearifan lokal yang ada didaerah tersebut. Sehingga hal-hal dapat dilakukan dalam meningkatkan sektor pertanian antara lain pengadaaan bibit unggul, pupuk, pestisida, penyediaan alat-alat pertanian dan teknologi dalam mendukung sumber daya pertanian.

    Oleh karna itu dalam perjalanan saya yang sedang menempuh dunia perguruan tinggi saya sangat membutuhkan bantuan dai segi moril maupun materil. Dengan keadaan orang tua saya serta tanggungannya yang sangat berat, maka saya ingin meringankan beban orang tua saya dengan mencari beasiswa pendidikan . Salah satunya seperti mendapatkan beasiswa “Program PT XY 2021” untuk mewujudkan impian saya menjadi pemimpin dimasa depan yang bertanggung jawab serta berkontribusi dalam membangun Indonesia.


Semangat dan Salam Sehat Semua

                  Best  Regards

                      FAP

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jamur Rigidopurus lignosus